Senin, 21 Desember 2009

GreeN Day

Green Day adalah sebuah grup musik beraliran punk rock asal California, Amerika Serikat. Personelnya terdiri atas Billie Joe Armstrong (vokalis, gitaris), Mike Dirnt (basis) dan Tré Cool (drum), serta Al Sobrante yang terlebih dahulu keluar dari grup tersebut.

Pemilik album American Idiot itu telah memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk MTV Video Music Awards, Nickelodeon Kids' Choice Awards serta tiga kali memenangkan Grammy Awards, yang meliputi kategori Best Alternative Album lewat album Dookie (1994), Best Rock Album untuk album American Idiot (2004) dan Record of the Year untuk album Boulevard of Broken Dreams.

Grup yang terbentuk pada 1989 itu terhitung telah berhasil menjual lebih dari 24.2 juta album di Amerika Serikat dan lebih dari 60 juta album di seluruh dunia. Dengan prestasi tersebut Green Day dianggap telah mengembalikan semangat rock bengenre punk ke seluruh dunia.


Perubahan usia seringkali merubah kepribadian orang, namun para anggota grup musik Green Day menyatakan kalau mereka selamanya akan tetap menjadi punk. Paling tidak itulah yang diungkapkan oleh vokalis Billy Joe Armstrong.

Memang akhir-akhir ini, grup band tersebut sering dikritik karena sudah keluar dari ‘kesejatian’ punk mereka demi kepentingan komersil. Tetapi Armstrong menepis semua anggapan itu dengan mengatakan kalau mereka tidak akan pernah kehilangan akar punknya.

“Terkadang saya berpikir kalau gaya punk kami sudah jarang diperhatikan lagi karena kami sekarang sudah menjadi band besar, kami sudah menghasilkan banyak uang – jadi kami (dikira) sudah bukan punk rock lagi,” kata Armstrong.

Tetapi mereka kembali merenungkan dan menantang siapapun yang mengatakan kalau mereka bukan punk sejati. “Anda bisa mengeluarkan kami dari lingkungan punk rock, tetapi anda tidak bisa mengeluarkan (jiwa) punk rock dari kami,” tambahnya.

Armstrong juga mengelak tuduhan yang mengatakan kalau mereka sengaja memakai gaya punk agar terlihat ‘beda’ dan jadi terkenal. Karena dari awal mereka sudah menyadari (dan memang terbukti) bahwa selama ini para penganut punk tidak pernah populer di Amerika, malahan mereka disamakan dengan preman… (sumber: kapanlagi.com)




GREEN DAY memang selalu meluncurkan album dengan judul yang agak sedikit freaky, mungkin itu salah satu ciri khas mereka. Seperti album terakhir mereka yang berjudul Warning yang berarti segalanya untuk Green Day. Mungkin saja ini berarti gitarisnya(Billy Armstrong) akan main telanjang lagi. Atau Tre Cool yang ingin membakar drum-nya lagi. Atau Mike Dirnt yang akan melemparkan diri ke penggemarnya termasuk melemparkan dan menghancurkan gitar bass-nya lagi. Mungkin terlalu banyak peringatan dalam aksi-aksi yang mereka lakukan, dan juga peringatan untuk kelakuan-kelakuan mereka yang seringkali mengejutkan semua orang dengan penampilan yang cenderung brutal dan kasar.

Peluncuran album Warning merupakan langkah baru yang dilakukan oleh Green Day untuk menunjukkan perkembangan-perkembangan musik mereka yang telah dikenal dunia, sejak Dokie yang pada tahun 1994 terjual sampai lebih dari ratusan juta kopi dan mengakibatkan berkibarnya kembali bendera musik punk.

"Punk berarti tidak ada aturan," kata Dirnt, "Etika kami memang seperti itu. Menyalurkan gairah muda yang meledak-ledak di dada setiap kaum muda", tambahnya. Dan memang, bukti nyata yang telah ditunjukkan Green day, yaitu mereka benar-benar membuat hati dan gairah setiap kaum muda sekarang membara, menggelora dan berontak setelah mendengarkan lagu-lagu mereka yang cenderung memusingkan kepala itu.

Album Warning diproduksi oleh Green Day sendiri yang memperlihatkan kematangan dan kemajuan dari album-album mereka sebelumnya. Contohnya hits mereka yang berjudul Misery dibawakan dengan gaya Eropa. Juga hits lainnya yang berjudul Macy's Day Parade mengorientasikan akustik yang jenis musiknya mirip dengan Good Riddance (Time of Your Life) dalam album Nimrod yang beredar pada 1997.

"Kami mungkin perlu diperingatkan agar sewaktu-waktu bila ada gitar melayang, atau apabila ada seorang penonton yang melemparkan dirinya ke penonton yang lain, untuk mereka usung-usung di atas kepala mereka", jelas Dirnt. "Maka, peringatan dibutuhkan untuk kebaikan petualangan musik kami," jelasnya seraya cengengesan.

Di bawah ini ada wawancara dengan Green Day seputar peluncuran album baru mereka, Warning.

Mengapa Warning memperlihatkan jalur musik yang agak sedikit berbeda dalam album-album yang sebelumnya, hingga terus terang kami agak terkejut. Sebenarnya, apa sih maksud Anda membuat album ini menjadi berbeda ?

Dirnt: Sebenarnya kami mengambil situasi yang sedang hangat terjadi sekarang untuk lagu-lagu kami. Kami tidak mengkhawatirkan perbedaan-perbedaan atau aksi-aksi yang kami tunjukkan dalam album-album sebelumnya. Itulah yang paling ditakutkan orang lain yaitu kehilangan jati diri band mereka. Yang kami lakukan adalah menyelaraskan untuk memperluas jalur musik kami, karena musik kami sangat menonjolkan permainan pada bass di samping drum dan gitar. Kami yakin sekali dengan semua karya musik yang kami buat. Karena itu Green Day mempunyai ciri khas dan karakter tersendiri.

Armstrong: Dalam album ini, kami mengambil elemen-elemen yang berbeda yang belum pernah diperlihatkan pada album-album sebelumnya. Kami mengangkat apa-apa yang tertinggal di masa lalu dan mencoba meraih dan bangkit kembali untuk bisa lebih dewasa. Dan kami akan terus berusaha untuk lebih baik dari sebelumnya.

Dirnt: (menambahkan) Billie banyak memberikan inspirasi baru dalam lagu-lagu yang diciptakannya. Kami selalu berlatih setiap kami mempunyai lagu-lagu baru. Biasanya kami berlatih 5 hari seminggu.

Good Riddance (Time of Your Life) merupakan hits yang paling sukses dalam sejarah Green Day. Dengan kesuksesan setiap lagu-lagu, Anda mempersilakan pendengar untuk meminta segala sesuatu yang mereka inginkan mengenai bagaimana seharusnya musik yang baik untuk Anda ?

Armstrong: Ya, semua lagu-lagu itu membebaskan kami untuk bergerak maju menuju gaya dan ekspresi baru yang lebih bagus dari lagu Basket Case yang pernah kami nyanyikan. Dan juga mengijinkan kami untuk sebebas mungkin melakukan segala sesuatu yang ingin kami coba.

Dirnt: Kami menyukai segala sesuatu yang telah kami lakukan dan kami bekerja keras untuk itu. Banyak orang yang tidak mengerti maksud kami. Mungkin band-band lain tidak pernah berlatih kembali setelah nama mereka besar. Tetapi latihan itu kegiatan yang sangat mengasyikkan untuk kami, karena itu kami sering sekali latihan.

Band Punk Rock memberikan kesan kebaikan dan keburukan, benarkah ?

Dirnt: Setiap orang tidak mengerti sebenarnya Punk itu seperti apa. Itu hanyalah sebutan untuk sesuatu kegiatan yang menyeleweng dari adat istiadat dan etika hidup. Punk benar-benar berarti tidak adanya aturan dan pemberontakan kaum muda. Sebenarnya Punk itu merupakan salah satu gaya hidup manusia yaitu Punk Rock. Dan itu menunjukkan diri saya; itulah musik yang saya suka - tapi bukan satu satunya! - dan itu merupakan dasar kehidupan yang dijalani oleh seseorang yang melihat ke depan. Tetapi, tak terpikirkan untuk menjadikan Punk Rock sebagai satu-satunya seragam saya. Saya selalu berpikir kalau Punk Rock merupakan sesuatu yang hebat yang terjadi pada diri saya yang tidak melibatkan orang lain.

Bagaimana rasanya menjadi produser untuk album sendiri ?

Armstrong: Kami tidak cocok dengan produser kami yang dulu (Scott Litt) - memang ia termasuk orang yang mengasyikkan - akan tetapi itulah, kami tidak cocok satu sama lain. Itulah yang membuat kami bertiga memproduksi Warning. Kami masing-masing mempunyai opini dan kami selalu membicarakan segala sesuatunya bersama-sama.dan apabila kami tidak memperoleh jalan keluarnya, berulah kami meminta pendapat orang lain - jadi tidak ada masalah.

Dirnt: Yah, memang rasanya sulit sekali. Tetapi kami banyak memproduksi rekaman-rekaman kami sendiri dan kami terus berusaha untuk itu. Lagu-lagu dalam album Warning ditulis sebelum kami berangkat ke studio untuk rekaman, tidak seperti album-album sebelumnya yang kebanyakan liriknya kami tulis pada saat rekaman di studio. Dan kami juga jadi mengerti kegunaan semua peralatan di studio. Seperti pada satu saat kami menghadapi kesulitan, karena ada kesalahan teknis pada saat kami mencoba mengeluarkan bunyi yang berbeda yang sama sekali belum pernah kami lakukan sebelumnya - kami panik semua - dan begitu terpecahkan, kami hanya tertawa-tawa membodohi diri kami sendiri.

Lagu Macy's Day Parade sangat lain dari biasanya, seperti Good Riddance. Sebenarnya darimana idenya ?<>

Dirnt: Dulu saya berpikir, Billie yang mendemokannya, dan tidak ditambahi instrumen-instrumen lain. Jadi kami memutuskan untuk membiarkannya terdengar seperti biasa, namun kami perjelas dengan suara bass dengan gaya tick-tack tempo dulu (seperti permainan The Patsy Cline, pemusik bass) yang cenderung memberikan sentuhan hangat dengan tidak melenceng kesana-kemari. Tre memainkan bass seperti Charlie Watts yang simpel agar suara yang dihasilkan bagus, jelas dan besar. Memang terdengar lucu - makin kecil makin baik dan enak didengar - benar!, banyak orang yang belum pernah mencobanya !

Album ini juga terdengar sangat berisik sekali dan cenderung memekakkan telinga. Apakah ada tampilan yang berbeda dalam pembuatan album ini ?

Armstrong: Saya bangga dengan lirik itu. Hal yang paling penting yang saya lakukan untuk menulis rekaman lagu-lagu ini adalah bila berhenti bermain dan melanjutkannya esok hari. Kami berhenti untuk mengevaluasi kembali dengan meminta pendapat dari teman-teman lain serta keluarga, bila terdengar kurang baik maka kami mencoba menulis ulang lirik tersebut.

Bagaimana tur yang Anda lakukan pada musim panas begini ?

Dirnt: Wah, sangat hebat! Dalam melakukan tur kami dibantu oleh band lain seusia kami yang permainannya sangat bagus sekali. Mungkin karena mereka berpikir Green Day itu adalah band yang tidak beraturan sama sekali, maka mereka asyik-asyik saja. Sebenarnya mereka belum pernah melihat penampilan Green Day, hanya sesaat sebelum melakukan tur kami memberitahukan seperti apa musik kami dan mereka bilang, "Yeah, gila banget!". Dan banyak orang yang datang menghampiri kami dan berkata, "Saya tidak pernah menyangka kalau Green Day sebagus ini!". Tapi kami tidak mau percaya begitu saja, kami akan memberikan yang paling baik untuk para penggemar kami. "We're gonna give it our all, kick some ass, all the time…". (20/17) (sumbber:idiotclubnation.blogspot.com)


hahah.........
LIKE IT !!!!

Tidak ada komentar: